PORSADIN: Aktualisasi dan Pengembangan Diri Santri Madrasah Diniyyah

Jendela Aswaja-Porsadin atau Pekan Olahraga dan Seni antar Diniyah adalah pekan olahraga khusus untuk diniyah takmiliyah yang bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi  santri madarasah diniyah takmiliyah melalui bakat, kemampuan dan minat. Dalam rangka persiapan kegiatan tersebut, seluruh panitia Porsadin bersama dengan unsur Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) kecamatan Ciwaringin menggelar kegiatan Porsadin di Madrasah Diniyyah Takmiliyah Sa'diyah Imron desa Beringin kecamatan Ciwaringin kabupate. Cirebon. 

Kegiatan Porsadin digelar setiap setahun sekali, yang pada tahun ini digelar di MDTA Sa'diyah Imron Beringin kecamatan Ciwaringin. Porsadin pada tahun ini diikuti oleh 18 MDTA kecamatan Ciwaringin dan 11 cabang perlombaan. Dalam kegiatan Porsadin ada dua kategori yakni Senin Islami dan Olah raga, seperti lomba Kligrafi, Hafalan Juzammah, pidato, puisi, catur, lari maraton, bulutangkis, futsal dan lainnya. 

Kegiatan Porsadin di awali dengan Pawai Ta'aruf bersama 18 MDTA se kecamatan Ciwaringin. Dalam kegiatan Porsadin ini, dihadiri oleh Bupati Cirebon H. Imron Rosyadi, Pengawas, ketua FKDT kecamatan Ciwaringin Didi Kusnadi, Anggota BAZNAS, dan seluruh guru MDTA beserta santri MDTA sekecamatan Ciwaringin. 

Ketua FKDT kecamatan Ciwaringin Didi Kusnadi menyampaikan, Berharap semoga kegiatan PORSADIN ini berdampak pada peningkatan kelembagaan dan sumberdaya madrasah diniyah serta menjadikan madrasah diniyah lebih berperan secara masif, dan terus dilakukan pengembangan dan pemberdayaan potensi para santri MDTA ini, pungkasnya.

Mewakili sambutan tuan rumah, H. Ade Faisal ketua Yayasan Sa'diyah Imron, menyampaikan bahwa Madrasah Diniyah Takmiliyah ingin mengkader anak-anak tingkat SD atau MI terus mengaji dan mengembangkan potensinya. Dan saya ingin ada kelanjutan dari Diniyah Takmiliyah sampai Diniyah wustho tingkat SMP atau MTS untuk terus mengaji. Dan kepada bapak bupati untuk terus mendorong perkembangan dan kemajuan madrasah-madrasah di Kecamatan Ciwaringin ini, tuturnya.

Dalam sambutan terakhir oleh H. Imron Rosyadi sebagai bupati Cirebon menyampaikan banyak terima kasih kepada para guru-guru madrasah yang begitu besar perannya dalam mendidik para santri Diniyyah, dan kami sangat mengapresiasi atas prestasi para santri-santri MDTA yang ikut Porsadin. 

Kegiatan Porsadin harus menjadi kemaslahatan bersama dalam mengembangkan potensinya dan menjadikan prestasi yang didapatnya bisa membawa dampak yang positif.

Mau donasi lewat mana?

BRI - Ahmad Rozi (4128-01-023304-53-0)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.
© Jendela Aswaja. All rights reserved. Developed by Jago Desain