Sambut Ramadhan, Ratusan Masyarakat Babakan Meriahkan Pawai Obor

Jam'iyyah Padang Ati bersama mayarakat Babakan antusias menyambut bulan suci Ramadhan . Ratusan warga Babakan, Ciwaringin, Cirebon, menggelar pawai obor. Jum'at (01/04)

Masyarakat yang terdiri dari pemuda, anak-anak dan didampingi orang tua sudah mulai mempersiapkan untuk pawai pukul 19.40 WIB dan mengelilingi area Ds. Babakan pada 20.00 WIB.

Kegiatan warga ini menjadi simbol kegembiraan datangnya Ramadhan, merupakan tradisi tahunan yang terus menggelora di tengah-tengah masyarakati.

Tradisi tahunan seperti ini selain ajang memperkuat tali silahturahim sesama warga, terutama Umat Islam, tapi juga bentuk ungkapan rasa syukur atas kesempatan yang paling berharga ini untuk kembali beribadah di bulan penuh barokah.

"Ini adalah kegiatan rutin tahunan yang terus kami hidupkan dalam menyambut datangnya bulan penuh barokah dan ampunan. Yang lebih penting adalah, rasa syukur pada Allah yang telah memberikan kesempatan bertemu kembali dengan bulan Ramadhan," kata Abong kordinator pemuda

Makna lain yang terkandung dalam kegiatan pawai obor ialah unsur gotong royong, sebagai wujud kebersamaan. Mulai dari perencanaan sampai malam pelaksanaan.

Tujuan utamanya, untuk mengingatkan warga akan datangnya bulan penuh barokah sekaligus mempersiapkan diri menghadapi bulan yang penuh ampunan. Baik secara fisik dan mental dalam menjalankan ibadah puasa.

Antusiasme warga yang melakukan pawai obor sangat dirasakan. Seusai sholat isya, warga berkumpul di masing-masing kelompok sambil membawa obor.

Ada rasa haru dan bahagia menyelimuti rombongan pawai maupun warga yang menyaksikan. Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang telah ditunggu-tunggu umat islam.


Editor: Kholil Baehaqi

Pimpinan Redaksi: M. Arif al-Bony

Mau donasi lewat mana?

BRI - Ahmad Rozi (4128-01-023304-53-0)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.
© Jendela Aswaja. All rights reserved. Developed by Jago Desain