Ziarah Darmawisata: Para Khotimin santri Kempek Ngalap Berkah

Ziarah merupakan praktek ibadah umat Islam yang memiliki makna moral. Tempat yang di ziarahi biasanya tempat suci atau tempat yang memiliki nilai historis. Dengan tujuan yang berziarah bisa mengingat kehidupan setelah mati, meneguhkan keyakinan dan penyucian diri.

Ziarah Darma Wisata merupakan kunjungan untuk mengenal tempat dan lingkungan. Ziarah Darma Wisata yang dilakukan oleh kiai Nawawi beserta para santrinya dari Kempek, sudah dilakukan 56 th sejak masanya kiai Walid Harun. Tempat yang dikunjungi merupakan tempat yang terkait hubungan keluarga Kempek. Salah satunya berziarah ke kiai Tirmidzi bin Kiai Marzuki bin Kiai Arsyad Nagrog dan Dukumire, Arjawinangun, Babakan dan Winong. 

Ziarah Darmawisata dilaksanakan sebelum acara khataman pondok. Para santri yang akan diwisuda menghatamkan Al Qur'an di berbagai tempat penziarahan. Kegiatan ini dilakukan setiap pertengahan bulan Sya'ban ( 24  Maret 2022).

Dengan adanya ziarah Darmawisata ini, menjadi keberkahan bagi tempat yang diziarahinya. Salah satunya di Nagrog dan Dukumire. Masyarakat Dukumire dengan bersama-sama membuat pepesan nasi dan jamuan makan untuk para santri khotimin. Masyarakat ikut andil dalam pelaksanaan ritual khataman dan tahlilan. Para santri, kiai dan masyarakat mengikuti prosesi pembacaan doa khotmil Qur'an dan tahlil di pimpin oleh kiai Nawawi selaku pengasuh pondok pesantren Kempek.

Sudah menjadi rutinan kegiatan ziarah darma wisata ini, dan selalu di tunggu kegiatan ini. Dua tahun darmawisata dilakukan sederhana waktu masa pandemi covid -19. Dengan kembalinya digelar kegiatan darmawisata ini, masyarakat setempat merasa bunga kedatangan ratusan para santri kempek membaca khotmil Qur'an di makbaroh.


Editor: Kholil Baehaqi

Pimpinan Redaksi: Arif Al-Bony

Mau donasi lewat mana?

BRI - Ahmad Rozi (4128-01-023304-53-0)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.
© Jendela Aswaja. All rights reserved. Developed by Jago Desain