Gabungan Pemuda se-Kec.Ciwaringin melaksanakan Wisata Religi Ziarah Wali Songo Jawa-Madura

JENDELAASWAJANEWS - Gabungan Pemuda se-Kec.Ciwaringin telah melaksanakan agenda Wisata Religi (Ziarah Wali Songo Jawa-Madura), ini pertamakalinya dan berjalan dengan lancar. senin (17-20/1)

Sedikitnya puluhan pemuda terdiri dari perwakilan banom NU Seperti Ansor Banser, IPNU-IPPNU, Jam'iyyah Ciwaringindan, Wiyong, Pejaganasem, turut mengikuti & mensukseskan agenda Wisata Religi ini. 

Dalam pelaksanaanya selama empat hari berangkat dari Makbaroh KH. Abdul Hannan Babakan, dilanjut Sunan Gunung Jati Cirebon, kemudian Sunan Kali Jaga, Raden Fatah Demak, kemudian Sunan Kudus, Sunan Muria, kemudian Sunan Bonang Tuban, Sunan Drajat Lamongan, Sunan Giri, Syaikh Maulana Malik Ibrahim Gresik, Sunan Ampel Surabaya, kemudian Syaikhona Mbah Kholil Bangkalan Madura, Gus Dur Jombang, Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-atas & Habib Hasyim bin Umar bin Yahya (Ayahanda Habib Luthfi) Pekalongan, dan sebagai rute ahir Syaikh Maulana Syamsuddin Pemalang, Pantai Widuri Pemalang.


Menurut M. Arif Al-Bony selaku penanggung jawab Ziarah ini, bahwa acara Ziarah Wali Songo merupakan bentuk tradisi napak tilas leluhur. Ziarah juga merupakan olah laku dan olah rasa dengan mendapati ruang mediasi untuk menerobos jarak budaya seni dan nilai historis di dalamnya, serta sebagai bentuk tazkiyatun nafs (menyucikan jiwa).

“Tadzkiratul akhirat mengingatkan kita semua bahwa setelah kita hidup di dunia yang fana ini kita akan mengalami alam abadi yaitu alam akhirat. Maka sejatinya kita bisa merenung bagaimana hari ini persiapan kita sudah mempunyai bekal apa untuk menghadapi alam akhirat?”.

Para waliyullah, lanjut Arif, sebagai manusia pilihan yang diyakini memiliki keberkahan untuk masyarakat sekitarnya dan sudah jelas konbtribusinya dalam mengislamkan wilayah Nusantara.


“Dengan keliling ziarah Wali Songo ini, maka kita akan mengetahui bukti dan nilai sejarah para wali tersebut bagaimana mengislamkan tanah Nusantara, termasuk di dalamnya tahun kapan mereka dilahirkan, mereka keturunan siapa, sepak terjang dan metode dalam berdakwah bagaimana, hingga karomah mereka apa saja,”

Dalam hal ini Abong mewakili panitia penyelenggara ziarah ini menyampaikan, " alhamdulillah wisata religi (Ziarah Wali Songo Jawa-Madura) sudah berjalan dengan lancar, kami haturkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yang sudah mendukung, mendoakan & mensukseskan Wisata Religi Perdana ini, terimakasih kepada Mas Udin (PO Andaru) atas kerjasamanya. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, dilancarkan dalam segala hal & semoga tahun depan kembali bisa mengagendakan Wisata Religi Ziarah Wali Songo Jawa-Madura-Bali. Aamiin...."









Editor : Kholil Baehaqi

Pimpinan Redaksi : Arif Al-Bony

Mau donasi lewat mana?

BRI - Ahmad Rozi (4128-01-023304-53-0)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.
© Jendela Aswaja. All rights reserved. Developed by Jago Desain