Genealogi Pemikiran Kiai As'ad Syamsul Arifin


JENDELAASWAJANEWS; Kegiatan bulanan kembali digelar oleh PAC.  Ansor Banser Ciwaringin bid.  Kajian dan intelektual.  Dengan mengangkat tema "Genealogi Pemikiran Kiai As'ad Syamsul Arifin." di GD. MWC NU Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Senin (29/11) 

Dalam kajian ini, di hadiri oleh ketua tanfidz MWC NU Ciwaringin,  Bpk.  H.  Syarbini, ketua PC.  Lesbumi Cirebon Kang Ubay,  IPNU, MB2, JPA dan IPPD.  

Mengangkat tema pemikiran-pemikiran tokoh NU, untuk menjaga marwah Organisasi untuk tetap semakin hidup.  Menurut kang supardi sebagai pemateri, kiai As'ad adalah tokoh agamawan,  nasionalis dan pancasilais. Dan dengan kegiatan semacam ini,  saya sangat sport  sebab suatu organisasi tanpa adanya kajian intelektual atau penelaahan pemikiran maka berorganisasinya tidak berkembang. 

Sambutan MWC Ciwaringin, H.  Syarbini mengatakan kita perlu menggiatkan kembali literasi bacaan, untuk memperluas wacana dan cara pandang.  Minimal satu jam tiap hari untuk membaca. Saya masih sering membaca tentang kiai-kiai NU,  pemikirannya,  gerakannya, hikmahnya. Saya sangat berterimakasih kepada Ansor Banser dengan kegiatan seperti ini, mengkaji pemikiran tokoh-tokoh NU. 

Ditanggapi oleh kang ubay ketua PC.  Lesbumi.  Ini menarik dengan mengangkat kisah, pemikiran,  rekam jejak,  dan fatwa-fatwa kiai As'ad seperti dosa kamu saya tanggung semua, wajib mencintai pancasila dan banyak lagi.  Baik fatwa yang kontradiktif maupun tidak. 

Kiai as'ad sangat menarik untuk kita kaji. Sebab fatwa kiai terkadang terliat aneh dan kontra tapi hakikatnya bisa benar,  sebab melihat kondisi zamanya. 

Perlu mencantumkan karya dan sanad dalam kiai As'ad, kiai As'ad menulis kitab apa saja, sanadnya bagaimana, siapa guru yang banyak mempengaruhi pemikirannya.  Tanggapan kang mumu MB2.

Kajian ini terus diadakan setiap akhir bulan sebagai bentuk ikhtiar PAC.  Ansor Banser dalam menghidupkan marwah, pemikiran dan jejak para ulama NU. Hanya dengan mengkaji dan menarasikan para tokoh NU,  kita bisa menghidupkan kembali pemikiran dan organisasinya.


Penulis: Kholil Baehaqi

Pimpinan Redaksi: M. Arif Al-Bonny


Mau donasi lewat mana?

BRI - Ahmad Rozi (4128-01-023304-53-0)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.
© Jendela Aswaja. All rights reserved. Developed by Jago Desain